Skip to main content

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Smart Lamp



Tertarik untuk punya smart lamp atau lampu pintar, tapi tidak tahu cara memilihnya? Smart lamp mulai populer sebagai salah satu inovasi yang bisa kamu gunakan untuk menciptakan suasana di rumah menjadi lebih hangat dan nyaman. Lalu, apa saja hal yang perlu diperhatikan jika kamu ingin membeli smart lamp?

Berikut ini adalah 5 hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli smart lamp.

1. Ketahui fitur kendali lampu pintar

Bagaimana kamu akan mengendalikan lampunya? Penggunaan lampu pintar (smart lamp) ditujukan untuk mengoptimalkan fungsi pencahayaan pada berbagai jenis ruangan. Jika kamu merasa tidak nyaman dengan pencahayaan yang terlalu terang di ruang tidur atau ruang keluarga, tingkat kecerahannya kini bisa diatur ketika kamu menggunakan lampu pintar.

Tidak hanya unggul dari fitur pengaturannya, lampu pintar juga bisa digunakan dengan lebih praktis menggunakan aplikasi, sehingga kendalinya dapat diatur dari jarak jauh. Hal ini akan sangat bermanfaat jika kamu sedang berada di luar rumah agar konsumsi daya listrik bisa lebih aman dan efisien.

2. Pilih produk lampu yang dibutuhkan

Apa saja jenis produk smart lighting? Jika kamu melakukan pencarian secara online, kamu bisa menemukan beberapa pilihan produk ‘smart lighting’ dengan nama yang berbeda-beda. Pernah mendengar istilah smart bulb, smart plugs atau smart switches?

Semua istilah tersebut pada dasarnya adalah komponen yang bisa digunakan untuk mendukung penggunaan lampu pintar di rumah kamu. Beberapa merek biasanya menawarkan produk mereka dalam satu paket starter kit, sedangkan merek lainnya menjual sebuah produk secara mandiri karena tidak memerlukan komponen pendukung lain untuk digunakan.

3. Identifikasi perbedaan jenis lampu sebelum membeli

Apa perbedaan smart bulb, smart plugs atau smart switches? Smart bulb adalah bola lampu (bohlam) yang bisa langsung dipasangkan langsung pada soket lampu di rumahmu. Hal yang perlu diperhatikan adalah jenis atau ukuran soket lampu, ukuran yang lazim digunakan di Indonesia adalah soket E27 atau E14.

Smart plug adalah perangkat koneksi lampu yang bisa dihubungkan melalui soket listrik yang sudah kamu miliki pada bagian dinding ruangan. Perangkat yang dipasangkan bisa saja berupa radio transmitter yang berfungsi sebagai penghubung perangkat lampu pintar lain yang terpisah. Selain itu, smart switch adalah tombol sakelar yang bisa digunakan untuk menghubungkan lampu pintar melalui koneksi kabel yang terintegrasi.

4. Ketahui kebutuhan kamu, pilih fitur dan fungsi yang sesuai

Pilihan tentunya ada di tangan kamu, sistem pencahayaan seperti apa yang ingin kamu buat di rumah? Jika kamu hanya ingin mengubah dekorasi lampu di kamar tidur, kamu bisa memilih smart bulb dengan ukuran yang sesuai dengan soket lampu di ruangan. Akan tetapi, pastikan ukurannya sudah sesuai sehingga kamu bisa langsung mengatur fungsi lampu tersebut dari gadget ataupun perangkat kendali lainnya.

Kamu bisa memilih smart plug atau smart switch apabila kamu ingin mengubah sistem pencahayaan di rumah kamu melalui satu sistem yang terintegrasi. Hal ini akan mempermudah kamu untuk mengatur beberapa perangkat lampu pintar sekaligus untuk menciptakan suasana yang lebih nyaman dengan kendali yang praktis.

5. Pelajari dan pilih cara penggunaannya

Bagaimana cara mengoperasikannya? Penggunaan lampu pintar biasanya terintegrasi melalui konektivitas jaringan, baik jaringan LAN, Wi-Fi ataupun Bluetooth. Kamu biasanya dapat mengunduh penggunaan aplikasi pada gadget atau smartphone untuk bisa mengendalikan penggunaan lampu dari jarak jauh. Beberapa merek produk juga memungkinkan kamu untuk melakukan kendali secara langsung pada bagian perangkat.

Salah satu produk yang bisa dikendalikan langsung pada bagian perangkat adalah Xiaomi Yeelight Bedside Lamp, penggunaan fitur lampu pintar ini dapat diatur langsung dengan sensor sentuhan pada bagian atas permukaan lampu. Akan tetapi kamu juga bisa menghubungkan kontektivitas Bluetooth untuk menghubungkan koneksi remote dari aplikasi pada gadget.

Produk lain yang berbeda adalah Philips Hue, penggunaannya memerlukan integrasi jaringan yang terhubung melalui koneksi WiFi dengan kelengkapan starter kit. Setelah terhubung ke dalam satu jaringan yang sama, kamu bisa mengatur waktu untuk menyalakan dan memadamkan lampu, serta mengatur warna pencahayaan melalui aplikasi di dalam gadget.

Sekarang bagaimana, sudah menemukan jawaban atas kebutuhan lampu pintar kamu?

Comments

Popular posts from this blog

Ini Dia 5 Alasan Praktis Beli Tiket Kereta Api Online

Perlu booking tiket kereta api murah tanpa harus datang ke stasiun? Sekarang pembelian tiket kereta api murah sudah bisa dilakukan secara online, dan ini 5 alasan praktis kenapa kamu sebaiknya beli tiket kereta api online. 1. Bisa melakukan perbandingan harga Sebelum membeli tiket kereta api murah, kamu harus memilih terlebih dahulu tanggal keberangkatan kereta api yang kamu inginkan. Sebagian besar platform pembelian online juga sudah mengakomodasi pembelian tiket pulang-pergi, sehingga kamu bisa langsung memilih tanggal kepulangan kamu. Setelah memilih tanggal, tentukan berapa tiket yang ingin kamu beli. Kemudian, kamu akan diarahkan menuju daftar waktu keberangkatan kereta api dalam berbagai urutan waktu, kelas (ekonomi, bisnis atau eksekutif) dan pilihan harga. Dalam hal ini, kamu bisa langsung melihat perbandingan harga yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu. Pastikan kebutuhan perjalanan kamu terakomodasi dengan jadwal, kelas, dan juga harga yang sesuai. Kamu tidak perlu k

Ini 5 Rekomendasi Wearable Gadget Keren di Bawah 2 Juta

Perkembangan teknologi yang begitu pesat rupanya punya banyak dampak positif buat kehidupan manusia. Contohnya adalah hadirnya wearable gadget yang bisa mempermudah kehidupan kita. Namun, tidak sedikit dari kita yang ternyata ogah menggunakan wearable gadget. Ada beberapa alasan, salah satunya adalah harganya lumayan mahal. Tapi tidak usah sedih. Buat yang ngebet banget punya tapi kebentur masalah dana, ini dia 5 rekomendasi gadget wearable di bawah Rp2 juta. 1. Sony Smartwatch 2, dominasi hitam yang elegan Buat yang pengen tampil fashionable tapi tetap pengen terlihat update banget soal teknologi, smartwatch yang satu ini cocok banget buat masuk daftar belanjaan. Ada beberapa alasan kenapa kamu harus beli smartwatch ini. Pertama dari segi desainnya, jam tangan pintar ini punya warna dominan hitam yang bisa bikin penggunanya terlihat elegan dan tidak keliatan futuristik-futuristik amat. Selain desain, Sony Smartwatch 2 juga punya jeroan yang tidak kalah keren. Jam ini punya memo

7 Produk Skincare Lokal Rekomendasi Beauty Blogger Indonesia

Rela nunggu lama bahkan beli skincare dari luar negeri? Indonesia juga punya local brand yang kualitasnya enggak kalah kece, lho! Malah, banyak beauty blogger yang merekomendasikan skin care lokal ini di media sosialnya. Apa saja? Berikut 7 produk skin care lokal yang direkomendasikan beauty blogger Indonesia! Produk skincare lokal rekomendasi beauty blogger Indonesia 1. Wardah Hydrating Aloe Vera Gel, melembapkan dan multifungsi Hot item: Hydrating Aloe Vera Gel Hydrating Aloe Vera Gel dari Wardah ini direkomendasikan oleh Michelle Saragih lewat Akun Youtube pribadinya. Gel terbilang multifungsi karena bisa dipakai 4 cara. Tidak hanya itu saja, produk ini merupakan skincare untuk kulit kering karena mampu melembapkan. Untuk lotion, base makeup, moisturizer, dan setting alis. Oleskan ujung sikat pensil alis ke gel ini, lalu aplikasikan di alis. Bakal bikin alis tahan lama dan cocok untuk yang suka traveling. Harga: Rp35 ribu Ukuran: 100 ml 2. Sariayu Putih Langsat Peel Off